Makanan Khas Ciamis yang Perlu Dicicipi Pecinta Kuliner

Kabupaten Ciamis, Jawa Barat punya makanan khas Ciamis yang berbeda dengan daerah lain. Jika kamu melewati kota ini, tak ada salahnya kamu berburu makanan-makanan ini. Atau kamu ingin membelinya untuk oleh-oleh dari Ciamis? Bisa banget.

Ciamis sendiri merupakan salah satu kabupaten yang ada di Priangan Timur. Jika kamu akrab dengan Pantai Pangandaran, kamu akan melewati kota ini ketika berwisata ke sana. Ciamis juga sering dilewati para pemudik saat hari raya lebaran.

Selain itu, Ciamis juga terkenal dengan wisata sejarahnya. Jika kamu ingin menelusuri kejayaan Kerajaan Sunda maupun Kerajaan Galuh, maka Ciamis adalah kota yang tepat untuk kamu kunjungi.
Nah, jika kamu berwisata ke kota ini, atau sekedar melintas saja, bisa banget sekalian mencicipi aneka makanan yang akan bikin lidah kamu bergoyang.


3 Makanan Khas Ciamis yang Wajib Kamu Coba

Berbagai kuliner khas Ciamis berkaitan erat dengan sejarah kotanya. Beberapa makanannya telah ada sejak zaman penjajahan. Penasaran apa saja makanannya? Dilansir dari harapanrakyat.com, berikut makanan khas yang bisa kamu cicipi saat berada di Ciamis:


Galendo

Galendo Ciamis

Ciamis ada yang menyebutnya sebagai Kota Galendo, tapi apa sih galendo itu? Galendo merupakan salah satu makanan yang berasal dari ampas minyak kelapa. Ampasnya ini kemudian diolah jadi cemilan.

Keberadaan galendo berkaitan erat dengan sejarah Ciamis yang dulunya dikenal sebagai sentra produksi minyak kelapa.

Di Ciamis terdapat pabrik pengolahan minyak kelapa yang disebut-sebut terbesar se-Priangan Timur. Salah satu pabriknya bahkan masih ada sampai sekarang, hanya saja sudah tidak beroperasi lagi semenjak minyak kelapa turun pamor dan digantikan sama minyak sawit.

Bangunan pabrik minyak kelapa tersebut berada di Jalan Ahmad Yani, Ciamis, dikenal dengan nama Gwan Hien. Pabrik ini sudah berdiri sejak zaman Belanda, sampai sekarang bangunannya masih ada, namun sudah berubah menjadi tempat pencucian mobil dan motor.

Konon dari sanalah makanan khas Ciamis ini berasal, ampas minyak kelapa ini dulunya dianggap makanan kampung. Namun seiring waktu banyak yang mengolahnya hingga menjadi cemilan yang wajib kamu cicipi.

Ada juga yang mengolah galendo hingga punya beberapa varian rasa, seperti galendo coklat, galendo melon, galendo strawberry dan lainnya. Tapi sebelum kamu cicip galendo rasa-rasa itu, ada baiknya kamu cicipi galendo original terlebih dahulu.

Kamu bisa mendapatkan galendo di berbagai toko oleh-oleh yang ada di sepanjang jalan seputar kota Ciamis, sangat mudah didapatkan.


Colok Gembrung

Colok Gembrung

Makanan khas Ciamis yang satu ini masih berhubungan dengan galendo. Colok gembrung merupakan cemilan yang diolah dari kulit dan dibumubui dengan galendo. Rasanya gurih, tak heran jika colok gembrung jadi cemilan favorit.

Colok gembrung sendiri berasal dari bahasa Sunda, colok dan gembrung. Colok artinya ‘tusuk’ sedangkan ‘gembrung’ berarti bebunyian yang biasa terdengar dari kulit beduk. Dari sanalah nama colok gembrung berasal.

Cemilan ini berupa kulit yang dipotong kecil-kecil, lalu dimasak dan dibumbui dengan galendo. Kulit yang telah dibumbui ini kemudian ditusuk dengan lidi.

Semakin banyak bumbu galendonya, cemilan ini makin terasa gurih dan nikmat. Kamu bisa juga minta bumbu galendonya dibanyakin untuk menambah rasanya.


Manuk Londo Ciamis

Manuk Londo Ciamis

Manuk Londo mungkin sering kamu jumpai di berbagai tempat. Tapi tahukah kamu kalau di Ciamis ada resto yang menyajikan Manuk Londo istimewa?

Manuk londo punya ciri khas dagingnya yang lembut, rasanya ketika dimasak terasa gurih layaknya ayam kampung.

Nah, kalau biasanya Manuk Londo dimasak ala-ala masakan Barat, maka Manuk Londo makanan khas Ciamis ini bisa dinikmati dengan bumbu rempah tradisional ala Indonesia. Rasa yang ditawarkan pun khas Indonesia.

Selain dimasak dengan bumbu khas Indonesia, harganya pun cukup terjangkau. Jika biasanya Manuk Londo dihargai Rp 50 ribu per porsi, di Ciamis kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 25 ribu untuk satu porsi Manuk Londo.

Manuk Londo Ciamis bisa kamu dapatkan di Rumah Makan Cobek Beti, bisa dibilang rumah makan pertama yang mengenalkan Manuk Londo di Ciamis, brand-nya sendiri disebut Malon, singkatan dari Manuk Londo.

Itulah 3 makanan khas Ciamis yang wajib kamu cicipi jika berwisata atau melintas di kota ini. Dijamin menggoyang lidah pecinta kuliner seperti kamu.
Muhamad Ilyas Saya Muhamad Ilyas, seorang Blogger dan juga Internet Marketer dari Cianjur. Sama seperti yang lain, saya ingin terkenal, jadi Pilot Penerbangan misalnya. Tapi saya nggak punya bakat jadi pilot. Karena itulah saya terus menulis, biar terkenal (bercanda).

Belum ada Komentar untuk "Makanan Khas Ciamis yang Perlu Dicicipi Pecinta Kuliner"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel