25+ Oleh-Oleh Khas Bandung yang Paling Terkenal

Oleh-Oleh Bandung – Inilah daftar rekomendasi aneka ragam oleh-oleh bandung yang murah serta tahan lama dan sangat wajib kamu bawa ke rumah untuk keluarga tercinta kamu.

Banyak sekali oleh-oleh khas bandung yang bisa kamu beli mulai dari jajanan, cemilan, baju, souvenir, dan kerajinan dari kota Bandung ini.

Oleh oleh Bandung
Pusat Oleh-Oleh Bandung, image source: Tripzilla.id
Gak usah khawatir, karena oleh-oleh dari Bandung ini bisa kamu beli dan bawa pulang ke rumah dengan harga yang sangat murah dan terjangkau sekali, namun kualitas tidak murahan.

Memang sudah tradisi ya, kalau sudah liburan, traveling tapi nggak bawa oleh-oleh itu rasanya sangat tawar dan hampa. Oops, udah kaya yang baru putus cinta aja ya hehe.

Kebanyakan traveler selalu menyempatkan untuk berbelanja dan membeli oleh-oleh yang khas dari tempat yang mereka kunjungi. Lumayan kan untuk membahagiakan keluarga, anak, istri/suami, teman-teman kamu, itung-itung buat kenang-kenangan lah.


Bingung kalau liburan ke Bandung, mau bawa oleh-oleh apa buat dibawa pulang?

pusat oleh oleh bandung
Traveling Bingung Mikirin Oleh-Oleh, image source: Pixabay.com
Kamu tidak perlu bingung, karena admin Luranys akan membantu kamu memberikan rekomendasi oleh-oleh Bandung paling berkesan yang bisa kamu bawa pulang. Berikut admin sudah siapkan daftar oleh-oleh khas kota Bandung yang sangat populer, cek apa saja!


1. Pisang Bollen Kartika Sari Bandung

Kartika Sari Bandung
Pisang Bolen Kartika Sari Bandung, image source: Goodindonesianfood.com
Siapa sih yang nggak kenal dengan oleh-oleh Kartika Sari? Yups, toko oleh-oleh bandung inilah yang menjadi favorit bagi para traveler dan wisatawan yang liburan ke kota Bandung.

Ada beraneka ragam camilan khas bandung yang dijual di Toko Kartika Sari, namun yang paling populer dan paling banyak digemari oleh para wisatawan ialah Pisang Bollen Kartika Sari.

Kantor pusat toko kartika sari berada di Jalan H. Akbar Nomor 4, Kebon Kawung. Pisang bollen khas bandung dari kartika sari ini akan membuat kamu ketagihan. Dinobatkan sebagai pelopor pisang bolen di kota Bandung, karena itulah kamu wajib membeli oleh-oleh ini.

Bukan hanya pisang bollen, kartika sari juga menyediakan berbagai jenis cemilan lainnya seperti pastel, kroket, risoles, bagelen, dan brownies kukus rainbow.

Kartika Sari juga telah berhasil membuka banyak sekali cabang di Bandung, juga di kota-kota besar seperti Jakarta, Tangerang, dan kota lainnya.

Baca juga: Bandung Treetop Adventure Park di Lembang


2. Tas & Sepatu Khas Cibaduyut Bandung

oleh oleh cibaduyut bandung
Pasar Cibaduyut Bandung, image source: Explorewisata.com
Oleh-oleh bandung yang kedua ialah souvenir khas kota bandung yang bisa kamu bawa pulang ke rumah selain makanan seperti tas dan sepatu dari Pasar Cibaduyut. Sebagai warga Indonesia yang baik, maka cintailah hasil produk negeri ini.

Selama ini kita terlalu sibuk gila dengan produk-produk fashion import dari luar negeri, padahal ada banyak sekali fashion hasil karya anak bangsa ini, salah satunya Cibaduyut. Membeli dan memakai fashion dari dalam negeri merupakan suatu kebanggan tersendiri.

Jika kamu berlibur ke temapt wisata di bandung dan berjalan-jalan ke Cibaduyut, kamu akan melihat banyak sekali deretan toko-toko yang menjual berbagai souvenir khas bandung.

Kamu bisa membeli tas atau sepatu dengan desain yang cantik dan sangat modis. Bukan hanya tas dan sepatu saja, kamu juga bisa membeli ikat pinggang, topi, dompet, juga aksesoris-aksesoris lainnya di Cibaduyut, Bandung.

Baca juga: Gedung Sate Bandung, Tempat Wisata Bersejarah yang Penuh Misteri


3. Oleh-Oleh Khas Bandung Picnic Roll Primarasa

Picnic Roll Primarasa Bandung
Picnic Roll Prima Rasa Bandung, image source: Ksmtour.com
Pusat oleh-oleh bandung yang ketiga adalah Primarasa Bandung. Makanan khas kota Kembang di toko ini ialah Picnic Roll Prima Rasa.

Picnic Roll adalah olahan daging cincang yang memakai bumbu rempah-rempah yang sangat lezat, kemudian dimasukkan ke kulit pastry dengan telur rebus, lalu dipanggang hingga olahan menjadi warna coklat menggoda.

Picnic Roll Enak Nggak? Soal Kelezatan Tidak Perlu Kamu Tanyakan Lagi!

Picnic roll memiliki 2 varian rasa yakni yang disajikan dengan bahan dasar daging ayam dan daging sapi, keduanya memiliki rasa yang sangat lezat (kamu tinggal memilih varian sesuai favorit kamu).

Bukan hanya picnic roll saja lho, di Prima Rasa Bandung kamu juga bisa menikmati makanan-makanan lainnya seperti brownies, pudding mouse dan mousse cake.

Dimana saya bisa membeli Picnic Roll Prima Rasa Bandung? Saat ini kamu hanya bisa membeli oleh oleh bandung yang satu ini di cabang-cabang toko yang tersebar di kota Bandung. Alhasil, Prima Rasa belum membuka cabang penjualan di kota lain ya.

Sedangkan pastry dan kue prima rasa bandung ini diproduksi di dapur pusat yang berada di Jalan Kemuning, Bandung yang kemudian dikirim ke toko-toko cabang, salah satunya berada di Jalan Pasir Kaliki.

Baca juga: Kawah Putih Bandung, Pesona Kawah Indah dan Romantis


4. Surabi Bandung - Ayo Siapa yang Nggak Kenal dengan Surabi Bandung?

Surabi Bandung
Surabi Bandung, image source: Tribunnews.com
Surabi merupakan jenis jajanan khas dari kota Bandung yang paling populer dan sangat terkenal. Tidak lengkap rasanya, kalau kamu hanya mengunjungi tempat wisata di Bandung tanpa mencicipi
Surabi.

Kamu bisa menemukan toko-toko yang menjual surabi bandung ini di kota Bandung, bahkan diluar kota Bandung pun kamu bisa mendapatkannya karena sudah banyak sekali cabang-cabangnya. Lumayan kan kalau pulang liburan bawa surabi sebagai oleh-oleh dari Bandung?

Rasa yang lezat dari surabi bandung tidak bisa kamu bohongkan. karena terdapat kelezatan yang hakiki di camilan surabi bandung ini. Kamu bisa memilih berbagai jenis varian rasa seperti durian keju, oncom, kismis, dan juga rasa ayam telur keju.

Salah satu tempat  atau toko yang menjual oleh-oleh bandung (Surabi) ialah Surabi Enhaii yang beralamat di Jalan Setiabudi, Bandung.


5. Peuyeum Bandung - Tape Singkong Khas Bandung

Peuyeum Bandung
Peuyeum Bandung, source image: Mamang.id
Oleh-oleh bandung yang kelima ada Peuyeum Khas BandungPeuyeum (bahasa sunda) kalau diartikan ke bahasa Indonesia ialah Tape, Bandung itu sunda banget pokoknya. Untuk menemukan penjual peuyeum di Bandung juga sangat mudah sekali.

Peuyeum Bandung ini banyak dijual di toko pusat oleh-oleh bandung, yang paling banyak dialah di Jalan Cihampelas. Ciri khasnya ialah si Peuyeum ini sering dipajangkan dengan cara digandung di depan kios-kios.

Bahan baku pembuatan peuyeum ini tidak lain hanyalah Singkong yang direbus, lalu ditaburi dengan ragi, kemudian disimpan si tempat tertutup selama 2 - 3 hari baru bisa dinikmati.


6. Gepuk Nyonya Ong

Gepuk Nyonya Ong
Gepuk Ny. Ong, image source: Gitacinta.com
Gepuk Nyonya Ong masuk nominasi sebagai oleh-oleh bandung yang dijual dengan harga yang sangat murah, padahal bahan baku pembuatan gepuk ini dari Daging Sapi.

Salah satu toko Gepuk Ny. Ong yang paling banyak dagandrungi oleh pembeli ialah yang beralamat di di Jalan Dr. Djunjunan 155E.

Gepuk adalah salah satu makanan yang diolah dari daging sapi, Gepuk juga sering dikenal dengan nama "Empal". Potongan daging berukuran tipis yang telah digeprek kemudian akan dirangkai dengan "Lidi", tujuannya untuk menjaga serat supaya tidak hancur ketika dimasak.

Kalau kamu nggak suka sama olahan daging sapi, di toko Gepuk Nyonya Ong kamu juga bisa mencoba olahan daging ayam. Dengan modal kreatifitas yang tinggi, Gepuk ini dijual dengan berbagai varian rasa seperti beef extra pedasbeef less sugarbeef originalbeef saltychicken original dan juga ada chicken spicy.

Jika kamu membeli Gepuk Nyonya Ong dan membawanya sebagai oleh-oleh khas bandung, begitu tiba dirumah langsung aja siapkan satu piring nasi hangat. Karena Gepuk Nyonya Ong ini akan terasa lebih nikmat jika dimakan dengan nasi hangat yang asapnya masih ngebul.


7. Oncom Raos Khas Bandung

Oncom Raos Khas Bandung
Oncom Raos Bandung, image source: Wisataku.id
Satu oleh-oleh bandung yang wajib kamu coba jika main ke Bandung ialah Oncom. Oncom adalah sebuah olahan yang berbahan dasar kacang yang difermentasi.

Hasil fermentasi tersebut (oncom) kemudian dapat dijadikan sebagai bahan baku untuk berbagai macam masakan yang lezat dan nikmat, salah satu jenis masakan dari oncom adalah Oncom Goreng yang paling banyak disukai banyak kalangan.

Oncom Raos di Bandung merupakan salah satu tempat atau toko yang menyediakan berbagai produk hasil olahan oncom. Lebih tepatnya berlokasi di Jalan Cihampelas 91 B.

Untuk menemukan tempat oleh-oleh bandung ini kamu tidak akan kesulitan, karena tempatnya berada di dekat pusat pembelajaan populer di kota Bandung yakni Cihampelas Walk.

Eits, bukan hanya oncom goreng saja yang dijual di Oncom Raos, tempat ini juga menjual berbagai macam jenis oleh-oleh khas bandung yang tahan lama tanpa bahan pengawet seperti Keripik, Manisan, dan juga Sale Pisang.


8. Tahu Bandung

Tahu Bandung, image source: Tahutalagayunsen.com
Jika mendengar kata tahu, pasti yang pertama kamu pikir adalah Tahu Sumedang bukan? Ternyata bukan hanya Sumedang saja yang terkenal dengan tahunya, Bandung juga punya produk tahu yang nggak kalah enanya dari tahu sumedang lho.

Jika kamu ingin sekali membawakan oleh-oleh bandung yang kaya akan protein tinggi ketika selesai berwisata di Bandung, kamu bisa membeli Tahu Susu yang merupakan khas Lembang, Bandung.

Kamu bisa mendapatkan Tahu Susu Lembang di Jalan Raya Lembang No 117. Bukan hanya itu, Sahabat traveler juga bisa mencicipi beraneka ragam Tahu Bandung lainnya yang tidak kalah enaknya dengan tahu susu lembang.

Salah satunya ialah Tahu Tauhid yang berlokasi di Jalan Sesko AU No 20, Lembang, ada juga Tahu Yun Yi yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman No 229Tahu Talaga yang lokasinya di Jalan Jenderal Sudirman No 227, dan yang terakhir ada Tahu Sehat Bersih yang bisa kamu temukan di Jalan Astana Anyar No 82.


9. Rujak Cireng Khas Bandung

Rujak Cireng Bandung
Rujak Cireng Bandung, image source: Majalag-holiday.com
Bandung memang pantas disebut Kota Penuh Inovasi ya, terutama setelah dipimpin oleh Kang Emil selaku Walikota Bandung-nya. Oleh-oleh Bandung selanjutnya ada terobosan baru dari Cireng atau Aci digoreng.

Cireng sendiri adalah cemilan khas kota Bandung yang paling disukai karena memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang kenyal-kenyal gimana gitu.

Kalau jaman admin sekolah SD dulu, cireng itu hanya aci yang digoreng saja kemudian dikasih bumbu atau isian. Berbeda dengan sekarang, yang dimana kamu bisa menikmati cireng dengan bumbu rujak kecap manis pedas dan rasa gurihnya.

Rujak Cireng ini juga banyak dijual langsung dalam keadaan mentah alias belum digoreng. Kalau kamu pulang liburan dari tempat wisata di bandung, kamu wajib coba membeli cireng yang belum digoreng ini ke rumah.


10. Batagor Khas kota Bandung

Batagor Bandung
Batagor Khas Bandung, image source: Liputan6.com
Nah, kalau makanan khas Bandung yang ini tidak lain ialah tahu yang berisi adonan dari olahan ikan tenggiri dan teung tapioka yang kemudian digoreng. Batagor akan terasa nikmat jika disantap dengan menambahkan sambal kacang dan sedikit tambahan kecap manis lalu beri sedikit perasan jeruk nipis.

Batagor ini sangat cocok sekali jika dijadikan oleh-oleh khas Bandungan yang bisa kamu bawa ke rumah untuk disantap bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

Jika kamu ingin membelinya, ada banyak sekali tempat batagor yang terkenal di Bandung salah satunya ialah Batagor Riri di Jalan Burangrang No 41Batagor Kingsley di Jalan Veteran No 25, dan yang ketiga ada Batagor Burangrang di Jalan Burangrang No 7.


11. Aneka Keripik Maicih Bandung

Keripik Maicih Bandung
Keripik Maicih Bandung, image source: Maicih.com
Buat kamu traveler yang suka dengan makanan yang pedas-pedas, jangan coba-coba untuk melewatkan cemilan khas Bandung yang ini. Produk-produk unggulan dari Keripik Maicih antara lain ada keripik singkong pedasseblak bandungbasreng atau baso goreng, dan juga Gurilem.

Ada yang unik loh di Keripik Maicih ini, yaitu kamu bisa memilih tingkat kepedasan mulai dari level 1 sampai level 10. Kamu berani mencoba menyantap Keripik Maicih Level 10? Untuk jaga-jaga dari rasa pedas yang nendang, siapkan saja air minum dan tisu ya sobat, hehe.


12. Tempe Gila - Kuliner Paling Top di Bandung

tempe gila khas bandung
Tempe Gila Khas Bandung, image source: Bukalapak.com
Selain keripik pedas maicih, masih ada juga camilan khas Bandung dengan rasa pedas yang wajib kamu cobain, yakni Tempe Gila. Makanan ini tidak lain merupakan keripik yang diolah dari tempe yang diberi bumbu dan tingkat kepedasan yang beda-beda. Pokonya buat pecinta makanan ringan yang pedas-pedas mah wajib nyoba atuh.

Jika kamu ingin membeli tempe pedas ini, kamu bisa mendapatkannya di tempat oleh-oleh bandung ataupun di pasar seperti di daerah Kosambi dan di sekitaran Terminal Leuwi Panjang.


13. Martabak Khas Bandung

Martabak Bandung
Martabak Bandung, image source: Cdn-brilio.net
Bandung atau seringkali disebut kota Kembang ini juga terkenal dengan Martabak yang khasnya, salah satu variannya yaitu Martbak Manis.

Bukan hanya Martabak Bangka saja yang terkenal, tapi Martabak Bandung juga tidak kalah terkenal. Beberapa martabak yang populer di bandung ialah Martabak San Fransisco dan Martabak Good yang berlokasi di Jalan Cibadak.

Ada juga Martabak Intisari yang berpusat di Jalan Sudirman, dan yang terakhir Martabak Andir yang beralamat di Jalan Jendral Sudirman Nomor 413 dan masih bantak martabak lainnya yang ada di Bandung.

Martabak manis khas Bandung ini paling enak disantap ketika masih hangat, karena kamu bisa menikmati sensasi kriuk yang gurih dan renyah dari kulit martabak tersebut.


14. Kafetaria Pia 170 Bandung

Kafetaria Pia 170
Kafetaria Pia 170 Bandung, image source: Ayokitamulai.wordpress.com
Jogja terkenal karena ada makanan yang bernama Bakpia, Kini Bandung pun punya kue pia yang tak kalah enaknya dari Bakpia Jogja yaitu Kafetaria Pia 170.

Dengan membawa uang sekitar Rp 30.000,- saja kamu sudah bisa menikmati atau membawa pulang sekotak kue pia enak dan lezat yang dibungkus dengan kotak berdesain retro. Kamu bisa membeli kue pia ini di tempat jualan oleh-oleh khas Bandung di Jalan HOS Cokroaminoto (Pasirkaliki).

Yang paling menarik dari kue pia ini ialah memiliki rasa yang unggulan dan berbeda dengan Pia Tradisional, yaitu Butterscotch. Kamu bisa memilih berbagai jenis kue pia di kafetaria Pia 170 ini agar oleh-oleh kamu beragam jenisnya.


15. Pevo Cake Khas Bandung

Pevo Cake Bandung
Pevo Cake Bandung, image source: Pinterest.com
Sekarang ini, kue-kue kekinian milik para artis sudah hits dan populer banget di Indonesia, termasuk di kota Bandung juga. Diantaranya ada Pevo Cake milik artis Pevita Pearce.

Pevo Cake ini sedidaknya memiliki lima varian rasa yang semuanya wajib kamu coba, antara lain ialah banana chocobanana cheesedouble choco cheesered velvet, dan mint velvet.

Ciri khas dari kue pevo ini memiliki tekstur yang sangat lembut yang terdiri dari beberapa lapisan yang lezat saat dicicipi. Lapisan teratasnya terdiri dari cream dengan kombinasi varian rasa seperti mint, coklat, keju, ataupun pisang, lalu dilapisi dengan kue yang lembut. Sedangkan di lapisan selanjutnya ada cream cheese dengan tekstur lembut, kemudian dibagian akhir dilapisi kue kembali.

Harga Pevo Cake untuk satu porsinya itu cuma dibanderol dengan harga Rp 65.000,- saja. Lumayan lah buat dibawa ke rumah sebagai oleh-oleh untukorang tercinta. Lokasi toko kue pevo ini berada di Jalan Veteran No.40, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Sedangkan jam bukanya dimulai dari pukul 10.00 – 22.00 WIB.


16. Bandung Makuta Cake

Bandung Makuta Cake
Bandung Makuta, image source: Anekawisata.com
Laudya Cynthia Bella seorang artis Indonesia yang cantik ini juga ikut meramaikan kuliner di Bandung dengan membuka sebuah toko kue artis kekinian, yang diberi nama “Bandung Makuta Cake”. Perkembangan usaha / bisnis kue yang ia geluti terbilang sukses.

Sebagai bukti kesuksesannya, kini telah ada 4 toko atau outlet yang ia buka, sedangkan jam buka outlet kuenya ini mulai dari pukul 07.00 – 22.00 WIB. Outlet yang didirikan oleh Laudya Cynthia Bella antara lain :

1. Bandung Makuta Cake : di Jalan Van Deventer Nomor 2, Kebon Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

2. Bandung Makuta Store Aruna : di Jalan Aruna Nomor 15, Husein Sastranegara, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat.

3. Bandung Makuta Dago : di Jalan Ir. H. Djuanda Nomor 138, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

4. Bandung Makuta Pasteur : di Jalan Dr. Djunjunan Nomor 139, Padjadjaran, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat.

Kue Bandung Makuta ini mempunyai tekstur yang super lembut lembut dengan balutan pastry dibagian sisinya. Jika bicara soal, tentu rasanya sangat lezat sekali, bahkan kue bandung makuta ini berhasil mencuri perhatian para pecinta kuliner manis. Saking banyaknya yang ingin membeli kue ini, antrian panjang pun terus terjadi.

Bandung Makuta Cake memiliki banyak sekali varian rasa yang bisa kamu pilih, salah satunya ada blueberry, cheese, caramel, lemon, cokelat, extra cheese, choco cheese, cassava cheese, dan green tea cheese.

Sedangkan harga untuk setiap rasanya pun juga berbeda-beda, yakni berada dikisaran 60 hingga 75 ribu rupiah. Gimana, tertarik untuk membeli kue bandung makuta ini kan?


17. Bandung Kunafe

Bandung Kunafe
Bandung Kunafe, image source: Detik.com
Tampil beda dengan membawa slogan “Oleh-Oleh Khas Bandung Jaman Now”, Bandung Kunafe juga wajib kamu coba. Sama seperti Bandung Makuta Cake yakni memiliki tekstur yang lembut .

Kunafe juga hadir dengan membawakan 6 (enam) varian rasa, yaitu Kunafe CheeseKunafe ChocolateKunafe TiramisuKunafe GreenteaKunafe Nutella, dan juga Kunafe Durian.

Mau tahu nggak, siapa coba pemilik Bandung Kunafe ini? Pemiliknya ialah host-host terkenal di Indonesia yakni Irfan Hakim dan juga Omesh.

Harga untuk mengantongi satu kotak kue Kunafe ini, kamu harus merogoh kocek sebesar 68 hingga 75 ribu rupiah saja. Kue Kunafe ini bisa bertahan hingga 7 hari jika disimpan di kulkas, dan 3 hari jika disimpan di suhu ruang.

Penasaran dengan Bandung Kunafe ini? Langsung saja kamu datang ke outletnya di Jalan Banda Nomor 23, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam operasional mulai dari jam 07.00 – 22.00 WIB.


18. Bandung Princess Cake

Bandung Princess Cake
Bandung Princess Cake, image source: Agenkuliner.com
Syahrini yang merupakan artis cantik ini terkenal dengan gaya hidupnya yang glamour, juga ikut terjun menggeluti bisnis kue artis yang lagi hits saat ini. Dia membuka outlet kue bernama "Bandung Princess Cake" yang berlokasi di Jalan Cihampelas Nomor 120, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung.

Ciri khas kue syahrini ini berbentuk tiga segi, berbeda dengan para kompetitornya yang membuat kue artis dengan bentuk lingkaran, roll, dan juga persegi panjang.

Bandung Princess Cake juga mempunyai 6 varian rasa yang bisa kamu coba yaitu cokelat, stroberry, mocca, green tea, mangga, dan juga double cheese.

Tekstur kue princess syahrini ini rasanya sangat lembut sekali di lidah, dengan lapisan crispy, dan memliki rasa yang kuat. Harga sekotak atau satu porsi kue ini dijual dengan harga 65 hingga 82 ribu rupiah saja. Jam buka outlet dimulai dari pukul 07.00 – 22.00 WIB.


19. Bandung Kanaya

Bandung Kanaya
Bandung Kanaya, image source: Tribunnews.com
Bandung Kanaya adalah sebuah gerai oleh-oleh jaman now  khas kota Bandung yang juga wajib kamu kunjungi saat liburan ke Bandung. Toko Bandung Kanaya ini tidak lain adalah milik ibunya Raffi Ahmad yaitu Mama Amy, yang menyajikan beragam kue unik yang sangat berbeda dengan kue-kue artis lainnya.

Bentuk kue yaang dijual di Kanaya Bandung ini sangat mirip dadu yang dipotong kecil-kecil. Untuk menyantapnya, kamu harus mencocolkan kue ini ke bumbu yang sudah disediakan seperti sambal dan yang lainnya.

Varian rasa dari kue Bandung Kayana cukup banyak sekali, mulai dari kacang oranye, keju coklat, susu putih, vanilla, coklat, jeruk coklat, green tea, hingga rasa susu putih. Update terbaru, katanya akan ada tambahan varian rasa yaitu peuyeum dan stroberi Lembang. Jangan kelewatan, tunggu ya!

Lokasi toko kue Bandung Kanaya ini berada di Jalan Cihampelas Nomor 316, Cipaganti, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.  Outlet Bandung Kanaya dibuka pada pukul 08.00 – 22.00 WIB.

Harga untuk satu porsi kue kanaya ini dibanderol dengan harga 50 ribu rupiah saja. Terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan kue-kue artis pada umumnya ya kan? Teksturnya juga sama lembutnya, lebih lezat lagi jika kue ini dicocolkan ke cokelat.


20. Madinah Cake Khas Bandung

Madinah Cake Bandung
Madinah Cake, image source: Ceumeta.com
Masih ada satu lagi kue artis jaman now yang nggak boleh kamu lewatkan untuk dicoba kalau berwisata ke Bandung, yakni Madinah Cake. Kue ini milih Angel Lelga yang menyuguhkan 5 (lima) varian rasa yaitu banana cheese, manggo cheese, chocolate cheese, blueberry cheese, dan lemon cheese.

Tampilan kuenya memang terlihat sangat sederhana sekali, mirip kue brownies yang berbentuk persegi panjang dan bertabur keju diatasnya. Namun, setelah kue ini kamu iris, bagian dalamnya akan terlihat berbeda.

Ternyata di dalamnya terdapat lapisan variasi mirip Lapis Surabaya. Alhasil, sekali gigitan saja kamu bisa merasakan krim keju, coklat, serta butternya yang sangat lezat, yummy!

Buat kamu yang penasaran untuk mencoba menyicipi Madinah Cake, silakan datang langsung ke outletnya yang berlokasi di Jalan Banda Nomor 21, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Posisi toko atau outlet-nya berada di samping toko kue Bandung Kunafe milik 2 host terkenal, yakni Irfan Hakim dan Omesh. Jam buka madinah cake mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB. Harganya juga sangat kompetitif yakni berada dikisaran 65 ribu rupiah per porsinya.


21. Kopi Aroma Khas Kota Bandung

Kopi Aroma di Bandung
Kopi Aroma di Bandung, image source: Liputan6.com
Bandung juga memiliki produk "kopi legendaris" yang dapat kamu jadikan sebagai oleh-oleh dari bandung untuk sahabat, teman, ataupun keluarga dan orang tersayang kamu. Nama kopinya ialah Kopi Aroma, yang berdiri dari tahun 1930 dan sudah sangat populer sampai ke luar negeri.

Proses pembuatan kopinya menggunakan peralatan tradisional, namun Kopi Aroma sukses mempertahan rasa yang khas dan kuat hingga saat ini.

Untuk bisa menghasilkan bubuk kopi terbaik bukanlah hal yang mudah, memerlukan waktu yang lumayan lama. Sebelum dioleh dan kemudian dijual, biji kopi harus dijemur terlebih dahulu dibawah teriknya matahari.

Kemudian disimpan selama kurang lebih 5 tahun untuk kopi Robusta, bahkan untuk kopi Arabika harus disimpan selama kurang lebih 8 tahun.

Kopi Aroma Robusta dijual dengan harga Rp 20.000,-, sedangkan untuk harga Kopi Aroma Arabika sendiri Rp 25.000,- .

Kamu bisa membeli Kopi Aroma Asli ini tepat di Jalan Banceuy Nomor 51, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam bukanya sendiri sangat singkat yaitu mulai pukul 09.00 – 14.30 WIB. Toko ini juga tutup di Hari Minggu atau Hari Libur.


22. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo
Saung Angklung Udjo, image source: Wikipedia.com
Nah, buat kamu yang suka banget dengan kesenian budaya, kamu bisa membeli Angklung sebagai oleh-oleh khas bandung ini ke rumah.

Angklung adalah alat musik tradisional khas Jawa Barat yang diakui oleh dunia. Alat musik yang satu ini terbuat dari bambu ini bisa menghasilkan kombinasi alunan suara melodi yang sangat indah ketika dimainkan.

Salah satu tempat yang masih terus mengembangkan kesenian tradisional di Bandung ialah Saung Angklung Udjo. Lokasinya berada di Jalan Padasuka, Bandung, Jawa Barat. Saung Angklung Udjo ini seringkali dikunjungi oleh para wisatawan yang datang dari dalam dan juga luar negeri.

Sesudah merasa puas menyaksikan pentas seni tradisional, kamu juga bisa membeli berbagai jenis souvenir khas Bandung yang terbilang sangat di tempat sini, salah satunya yaitu Angklung sebagai oleh-oleh khas Bandung untuk dibawa pulang ke rumah.

Bukan hanya menjual alat musik angklung saja, di Saung Udjo ini juga menjual miniatur anglung dalam bentuk hiasan meja atau dinding, ataupun gantingan kunci.


23. Souvenir Wayang Golek

Souvenir Wayang Golek
Souvenir Wayang Golek, image source: Kliktidiart.com
Kamu kenal Si Cepot dan yang lainnya? Pemeran Wayang Golek yang seringkali menghibur kita. Wayang Golek ini sangat menarik sekali untuk dijadikan cinderamata khas Bandung.

Jika kamu ingin souvenir unik dari Bandung ini, silakan datang ke outlet Cupumanik yang berlokasi di Jalan Haji Akbar Nomor 10, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat.

Di Cupumanik, kamu bisa memilih aneka ragam wayang golek yang sangat keren sebagai cinderamata yang bisa dibawa pulang. Harganya juga terbilang murah yaitu mulai dari 50 ribu rupiah saja. Jam buka toko ini mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB, Hari Minggu toko ini tutup ya.


24. Aneka Kerajinan Tangan Lembang

Aneka Kerajinan Tangan Lembang
Aneka Kerajinan Tangan Lembang, image source: Tempatwisataunik.com
Kamu berencana untuk berlibur ke Tempat Wisata di Lembang? Kalau iya, jangan lupa untuk membeli Kerajinan Tangan Khas Lembang, Bandung ya kalau pulang ke rumah.

Bukan hanya tempat wisatanya saja yang terkenal, sajian kuliner khas bandung yang enak, kawasan Lembang ini ternyata juga mempunyai berbagai macam kerajinan tangan unik yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh.

Salah satu kerajinan tangannya yang nggak boleh kamu lewatin ialah tas anyaman, keramik, dan kerajinan tangan lainnya yang tidak kalah menariknya.

Jika kamu berminat untuk membelinya, silakan saja datang ke Jalan Raya Lembang, Bandung, Jawa Barat. Disana kamu bisa menemukan beragam jenis oleh-oleh khas lembang terbaik untuk orang tercintamu.


25. Oleh-Oleh Pakaian Khas Factory Outlet Bandung

Factory Outlet di Bandung
Factory Outlet di Bandung, image source: Tempatwisatadibandung.info
Oleh-oleh Bandung yang terakhir ada Factory Outlet yang tidak lain merupakan Pusat oleh-oleh pakaian khas kota Bandung yang wajib sekali kamu kunjungi. Beragam model pakaian seperti baju, celana, kaos, kemeja, topi, dan aksesoris lainnya bisa kamu beli disini.

Para Wisatawan dan Traveler, biasanya datang ke kota Bandung ini bukan hanya untuk kunjungan wisata saja, namun untuk belanja atau shopping di Factory Outlet di Bandung.

Salah satu kawasan favorit yang menjadi tujuan para traveler dan wisatawan ialah yang berada di Jalan Dago, Bandung dan yang di Jalan Riau, Bandung.

Jika kamu datang ke tempat belanja ini, kamu akan lupa waktu karena sibuk memilih berbagai jenis pakaian hasil kreatifitas masyarakat kota Bandung ini.

Satu hal lagi yang nggak boleh kamu lupakan kalau datang ke Factory Outlet, yaitu Uang yang banyak. Bukan main, terkadang kamu akan merasa kalap berbelanja disini (semua yang terlihat bagus jadi ingin dibeli).

Bagaiaman sahabat Luranys? Sudah siapkah kamu untuk membeli aneka jenis oleh-oleh bandung diatas dan dibawa pulang ke rumah? Bandung sudah terkenal dengan oleh-oleh khasnya yang murah dan juga tahan lama. Kalau ada masukkan atau mau berbagi pengalaman, silakan berkomentar dibawah!

Belum ada Komentar untuk "25+ Oleh-Oleh Khas Bandung yang Paling Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel