Gedung Sate Bandung, Tempat Wisata Bersejarah yang Penuh Misteri

Gedung Sate Bandung bukan merupakan gedung yang menjual aneka sate ataupun bangunan yang mirip sate. Lalu, apa sih Gedung Sate itu?

Gedung Sate Bandung
Museum Gedung Sate, image source: Archiplanet.org
Gedung sate merupakan sebuah bangunan bersejarah yang dibangun pada pusat kota Bandung. Dinamai dengan Gedung Sate sebab gedung ini memiliki ciri khas yang sangat unik sekali, yakni adanya 6 ornamen yang berbentuk 6 tusuk sate tepat diatas menara sentralnya.

Apa arti 6 tusuk sate yang ada di menara Gedung Sate? Ternyata itu melambangkan bahwa biaya yang dipakai untuk membangun gedung putih jawa barat ini menghabiskan dana 6 juta Gulden.

Gedung Sate tidak hanya terkenal dan menjadi ikon di kota bandung saja, namun juga sudah terkenal di provinsi Jawa Barat, bahkan di Indonesia pun sudah tidak asing lagi kalau mendengar nama Gedung Sate ini.


Sejarah Awal Mula Pembangunan Gedung Sate

Gedung Sate dibangun pada abad ke-20 atau sekitar tahun 1920 yang hingga saat ini masih berdiri dengan kokok dan dimanfaatkan sebagai pusat pemerintahan Gubernur kota Bandung.

Gedung ini juga sering dijuluki sebagai "Gedung Putih Bandung" yang sekarang sudah dijadikan tempat wisata di bandung bagi para wisatawan yang penasaran dengan gedung sate yang berwarna putih dan gaya arsitektur yang menawan.

Banyak sekali para wisatawan yang mengunjungi tempat ini, apalagi di hari libur. Memang admin sendiri merasa nyaman sekali berada di gedung ini.

Admin Luranys sendiri terakhir kali mengunjungi tempat wisata gedung sate ini pada hari Sabtu tanggal 2 November 2019, untuk menghadiri Temu Bisnis Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Terbesar Se-Jawa Barat.

Gedung Sate
Muhamad Ilyas sedang mengahadiri Temu Bisnis di Gedung Sate - Bandung
Bukan hanya bentuk bangunannya saja yang terkenal, namun banyak unsur-unsur bangunan seperi taman yang terawat dengan baik. Nah, taman yang ada di sekeliling Gedung Sate ini merupakan lokasi paling favorit bagi yang suka foto-foto.

Setiap hari libur seperti hari Minggu, banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Selain itu, hari minggu juga banyak orang yang bersantai dan berolahraga ditempat ini. Kadang-kadang ada karnaval dan pameran yang menarik juga disini!

Baca juga: Kawah Putih Bandung, Pesona Kawah Indah dan Romantis


Bagaimana Cara Masuk ke Kawasan Gedung Sate

interior gedung sate
Tampak aula utama Gedung Sate, image source: Nianastiti.com
Jika kamu ingin melihat interior gedung sate atau ingin masuk ke dalam, kamu harus memiliki izin dari penjaga terlebih dahulu. Namun jika hanya melihat-lihat dari bagian luar dan halaman, itu tidak memerlukan izin yang bersifat khusus.

Jika kamu hendak masuk ke ruangan dalam bangunan Gedung Sate, maka yang pertama kamu lihat ialah alat musik Gamelan khas Suku Sunda yang suka dimainkan ketika ada acara-acara tertentu, seperti ada tamu spesial atau ada acara formal negara.

Secara keseluruhan, Gedung Sate ini merupakan gedung perkantoran yang digunakan pada jaman penjajahan Belanda ke Indonesia dulu. Pada bagian bawah juga ada ruangan yang digunakan sebagai penjara bawah tanah tempo dulu.

Suasana beda akan lebih terasa ketika kamu naik ke lantai empat (4). Nah, lantai 4 ini seringkali digunakan untuk menjamu para tamu spesial atau acara yang bersifat kenegaraan, karena menyajikan susana yang lebih nyaman.

Kamu juga dapat melihat keindahan kota Bandung dengan memakai teropong dari lantai 4 ini. Selain itu, di lantai 4 ini kamu bisa melihat beraneka ragam cinderamata, prasasti dari provinsi Jawa Barat, dan juga foto-foto dari kegiatan Gubernur Jabar.

Baca juga: Tujuan dan Manfaat Traveling yang Wajib Kamu Tahu!


Misteri Gedung Sate - Inilah Fenomena Menyeramkan dibalik Keindahan Gedung Sate

Misteri Gedung Sate
Suasana Gedung Sate di malam hari, image source: Tempatwisatamu.com
Gedung Sate sering dikait-kaitkan dengan cerita mistis atau cerita horor karena bangunannya yang sangat besar dan telah berumur tua yakni 1 abad lebih. Lantas, benarkah Gedung Sate penuh dengan misteri?

Menurut warga setempat, misteri dan cerita mistis yang menjadi sebuah perbincangan masyarakat kota Bandung mengenai gedung ini ada 5 Misteri, berikut ulasannya:

  1. Lorong rahasia di Gedung Sate
  2. Pernahkah kamu mendengar bahwa ada sebuah lorong rahasia bawah tanah yang menghubungkan antara Gedung Sate dengan Gedung Pakuan?
  3. Sang Arsitek Gedung Sate
  4. Banyak orang yang menganggap kalau arsitek bangunan ini ialah Gerber, padahal sebenarnya dia tidak pernah merancang gedung sate ini, konon ada arsitek lain yang merancangnya.
  5. Sosok misterius penghuni Gedung Sate
  6. Sosok misterius yang ada digedung sate itu ialah kakek yang botak dan memiliki jenggot panjang yang seringkali terlihat di dalam Gedung Sate, tetapi sosok itu langsung menghilang dgn sekejap mata.
  7. Pohon Angker di belakang Gedung Sate
  8. Pohon besar yang berada di halaman belakang Gedung Sate ini sering juga dikaitkan dengan hal mistis, pedagang disana bilang kalau pohon ini ada penghuninya. Salah satu pedagang pernah kencing dibawah pohon ini, lalu mendapat gangguan makhluk halus selama 4 hari.
  9. Jenazah yang tertinggal di dalam Gedung Sate
  10. Dulu sudah ditemukan ada sekitar 7 jenazah yang terkubur di halaman Gedung Sate, lalu jenazah langsung dikuburkan kembali dengan sempurna di Taman Makam Pahlawan Cikutra. Lantas apakah masih ada jenazah yang tertinggal dan belum terkubur dengan sempurna di Gedung Sate? Pasalnya, seringkali penjaga melihat sosok pemuda yg berpakaian kuno sedang berjalan di gedung ini pada malam hari.


Lokasi Gedung Sate - Tempat Wisata di Bandung

Lokasi Gedung Sate
Lokasi Gedung Sate, image source: Jejakpiknik.com
Lokasi Gedung Sate berada di alamat: Jln. Diponegoro No. 22, Bandung. Gedung Sate sangat mudah kamu temukan karena kondisi jalanan di Bandung sangatlah bagus, kamu cukup ikuti saja petunjuk rambu yang ada dijalan sekitaran Bandung.

Jika kamu kamu berkunjung ke Gedung Ikonik (Gedung Sate) ini, kamu juga bisa sekalian berkunjung ke Museum Geologi, karena tempatnya sangat berdekatan sekali.

Baca juga: Situ Cibeureum: Destinasi Wisata Terbaru di Kabupaten Cianjur


Jam Buka untuk Kunjungan ke Gedung Sate

Wisata Gedung Sate
Jam berapa Gedung Sate dibuka?, image source: Prfmnews.com
Gedung Sate bisa dikunjungi oleh siapapun, namun hanya diperbolehkan pada hari-hari libur saja, dan membutuhkan ijin dari para staf keamanan disana ya. Jadi, sangat cocok buat kamu yang mau manfaatin hari libur kamu untuk berkunjung ke Gedung Sate.

Uniknya, Tepat di depan Gedung Putihnya kota Bandung ini seringkali ada Pasar Kaget yang menjual macam-macam barang dan juga produk dengan harga yang sangat murah.

Demikianlah ulasan admin Luranys mengenai Gedung Sate Bandung yang menjadi ikonik kota bandung, semoga bermanfaat! Jadi, kapan kamu akan liburan ke Gedung Sate Bandung?

4 Komentar untuk "Gedung Sate Bandung, Tempat Wisata Bersejarah yang Penuh Misteri"

  1. Cieee, yang baru pulang temu bisnis dari bandung. Btw bawa oleh-oleh dari gedung sate nggak a?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, nggak bawa oleh-oleh lho.
      Aa kira gedung sate itu tempat jualan sate, lha padahal bukan ya wkwk..

      Hapus
  2. Satenya setusuk berpaa gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oalah sate ini dibuat dari beton bang snug, nggak enak dimakan. Mendingan makan hati pokoknya daripada makan satenya gedung sate wkwk

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel